Perlunya Pemerataan Pendidikan Nasional

Dari sekian banyak pembahasan di dunia pendidikan, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah soal pemerataan pendidikan di seluruh pelosok negeri. Itulah salah satu wujud syukur kita ketika Indonesia tercinta ini dikaruniai dengan wilayah geografis yang luas dan indah.

Sebagaimana dirilis oleh Kemendagri pada September 2016 lalu, luas wilayah Indonesia adalah 1.913.578,68 km persegi. Sebuah wilayah yang sangat luas dan perlu banyak kekuatan untuk meratakan pembangunan nasional. Salah satunya adalah pembangunan soal pendidikan.

Mendapatkan pendidikan adalah hak setiap warga negara Indonesia. Dan sebagai negara berkembang, Indonesia sadar akan pentingnya perhatian lebih dalam dunia pendidikan. Ada korelasi positif antara pendidikan dengan kemajuan peradaban suatu bangsa. Dan tentunya juga harus diikuti dengan penanaman nilai karakter agar pendidikan ini tidak hanya membangun aspek kognitif, tapi juga membangun aspek moral.

Dengan diberlakukannya kurikulum 2013 ini, pemerintah mulai memberikan perhatian serius soal pendidikan nasional, yaitu tentang karakter masa depan bangsa. Berbagai pembahasan dilakukan, termasuknya juga terkait sumber daya pendukung kurikulum 2013 ini. Sosialisasi program pun dilakukan terkait kurikulum ini dengan harapan program dari pemerintah ini bisa terlaksana dengan baik.

Satu hal yang lebih penting adalah soal pemerataan kurikulum ini ke pelosok negeri agar pendidikan yang bermutu tidak hanya dinikmati oleh anak-anak yang tinggal di kota-kota besar saja. Semoga pendidikan nasional ini semakin maju, berkembang, dan menjadi lebih baik.

Iklan

About afiksa

Student of Marmara University, Istanbul, Turkey

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: