Testamen Penguasaan Kelautan | Api Sejarah

Testamen Penguasaan Kelautan | Kebangkitan Islam dan Pengaruhnya di Nusantara 

Ada sekitar 40 ayat Al-Qur’an yang membahas mengenai kemaritiman atau kelautan, dan secara realitas, 71% permukaan bumi berupa lautan atau samudera. Oleh karenanya, penguasaan kemaritiman atau kelautan menjadi hal penting dalam sejarah perkembangan agama Islam, termasuknya di Indonesia. Sebagai sebuah negara kepulauan yang juga menjadi jalur perdagangan antara barat dan timur, membuat nusantara menjadi negara yang cukup strategis, apalagi ditambah memiliki rempah-rempah yang saat itu menjadi salah satu komoditas utama dalam perdagangan internasional.

Sebagaimana disebutkan dalam tulisan sebelumnya, terkait dengan peran pasar dalam perkembangan Islam, [baca disini] salah satunya adalah pasar di tepi laut yang letaknya cukup strategis. Melalui jalur laut inilah, para wirausahawan muslim yang menjadi pedagang dan merangkap sebagai da’i menyebarkan agama Islam. Melalui jalur perdagangan inilah yang membuat Islam masuk di Indonesia dikembangkan dengan jalan damai dan tidak disertai dengan invasi militer.

Dengan demikian, yakni kekuatan finansial dari seorang wirausahawan, penguasaan kelautan, dan penguasaan pasar inilah yang menjadikan faktor cepatnya Islam tersebar ke seluruh kepulauan nusantara.

Iklan

About afiksa

Student of Marmara University, Istanbul, Turkey

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: