Profesi Nabi Muhammad Pra Kerasulan | Api Sejarah

Profesi Nabi Muhammad Pra Kerasulan | Peta Bumi Nusantara di Abad Kejayaan Islam

Abad ke-7 menjadi sebuah abad penting untuk perubahan peradaban di daerah Arab, diawali dengan diangkatnya Muhammad bin Abdullah menjadi seorang Rasul terakhir. Perubahan terjadi di berbagai bidang, yakni sosial, hukum, politik, ekonomi, budaya, agama, serta hankam. Dan perubahan ini diawali oleh seseorang yang pada awalnya berprofesi sebagai wirausahawan di pasar.

Setidaknya tercatat ada 13 pasar yang pernah menjadi tempat transaksi Rasulullah di masa Pra-Kerasulan, yaitu pasar Daumatul Jandal, Mushaqqar, Suhar, Daba, Shihir/Maharah, Aden, San’a, Rabiyah, Ukaz, Dzul Majaz, Mina, Nazat, dan Hijr. 

Bersama Abu Thalib, pamannya sendiri, Rasulullah berdagang ke berbagai daerah. Dan suatu ketika bertemu dengan Pendeta Nasrani bernama Bahira, seorang pendeta yang mukasyafah, dalam perjalannya ke Busra, Syiria. Pendeta tersebut menemukan tanda kenabian (seal of prophethood) pada diri Rasulullah dan kemudian mengingatkan keduanya untuk kembali ke Makkah. Abu Thalid dan Rasulullah mud apun mengikuti apa yang disampaikan oleh pendeta tersebut.

Muhammad semakin dewasa, dan menjadikannya ingin mandiri dalam berniaga, tidak lagi mengikuti pamannya, Abu Thalib. Muhammad kemudian membawa barang dagangan Siti Khadijah, dan dalam dunia perniagaan dia mendapatkan gelar shadiq (truthfullness), amin (faithfullness) dan high moral character. Dan kemudian Muhammad saat berusia 25 tahun menikah dengan Siti Khadijah, yaitu pada tahn 595 H.

Kondisi masyarakat jahiliyah yang jauh dari nilai kemanusiaan membuat Muhammad sering berkhalwat di Gua Hira, Jabal Nur, sebuah bukit bebatuan di Makkah. Meskipun berkhalwat, Muhammad ini juga tetap melakukan perniagaan di Makkah dan keluar Makkah.


Pada masa perkembangan Islam di Nusantara, dari pasar dan pesantren melahirkan kekuasaan politik Islam atau kesultanan. Dan sangat mungkin, para walisongo yang menempati pusat dakwahnya di pantai, mereka adalah seorang pedagang atau wirausahawan sekaligus merangkap sebagai penguasa pasar atau sebagai eksportir dan importir.

Iklan

About afiksa

Student of Marmara University, Istanbul, Turkey

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: