Peta Bumi Nusantara di Abad Kejayaan Islam | Api Sejarah

Peta Bumi Nusantara di Abad Kejayaan Islam | Kebangkitan Islam dan Pengaruhnya di Nusantara 

whatsapp-image-2017-01-19-at-20-45-22Ada banyak nama tempat di Indonesia yang namanya berasal dari bahasa Arab, seperti Jazirah Maluku yang berasal dari kata Jazirah Al-Muluk. Andalusia atau andalas yang memiliki arti keindahan dan kesuburan merupakan berasal dari kata Andalusia di Spanyol yang disebut oleh Mu’awiyah saat Islam jaya di negeri tersebut. Danau Toba berasal dari kata Thayyiba  yang berarti indah.

Nama-nama tersebut merupakan sebuah bukti adanya perniagaan antara pedagang dari Arab dengan daerah tersebut, serta memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap peradaban setempat dengan adanya penamaan suatu tempat dengan bahasa Arab tersebut.

Perniagaan internasional antara Barat dan Timur tentunya melalui nusantara, apalagi nusantara sebagai salah satu penghasil rempah-rempah. Namun, dalam sejarah Indonesia pada masa pemerintahan Belanda sering disebut sebatas hubungan niaga timur tengah dengan India dan China, tanpa disebutkan Nusantara Indonesia. Hal ini sebagai dampak dari sistem penulisan sejarah yang berdasar Neerlando Sentrisme (ditulis dari sudut pandang dan peran Belanda).

Iklan

About afiksa

Student of Marmara University, Istanbul, Turkey

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: