Lahirnya Keputusan Sikap untuk Menentukan Gerak

Gerak (action) lahir dari sebuah sikap. Orang bertindak atau bergerak itu karena ada keputusan sikap dalam dirinya. Misalnya orang makan pasti sebelumnya ada keputusan sikap dia untuk makan yang mungkin didasari rasa lapar atau sekedar keinginan.

Keputusan sikap ini dipengaruhi oleh mindset atau fikroh atau yang bisa disebut dengan perspektif. Misalnya para mahasiswa melakukan aksi demonstrasi menuntut penurunan harga BBM. Keputusan sikap mereka untuk melakukan aksi demonstrasi tersebut didasari dengan perspektif kalau BBM mahal pasti banyak yang disusahkan dan menderita.

Para mahasiswa tersebut memiliki konsep berpikir dari pengalaman dan pengamatannya kalau BBM naik tentu barang-barang yang lain ikut naik tentunya. Mereka memahami BBM menjadi sentral mobilitas perekonomian yang mencakup banyak aspek dalam kehidupan, dan pastinya membuat rakyat menderita. Penderitaan rakyat adalah urusan bersama yang harus dibela, termasuknya oleh mahasiswa. Suara mahasiswa adalah suara rakyat.

Dari beberapa pemahaman para mahasiswa serta beberapa kalangan mengenai harga BBM dan mengenai pandangan tentang rakyat ini yang kemudian disebut sebagai referensi atau informasi. Referensi inilah yang kemudian berpengaruh dalam membentuk fikroh. Fikroh ini kemudian menentukan sikap untuk menuntut dan memutuskan untuk melakukan demonstrasi.

Kesimpulannya adalah referensi atau informasi berpengaruh terhadap mindset, perspektif, atau fikroh yang kemudian menentukan terhadap keputusan sikap yang kemudian melahirkan gerak (action).

Oleh karenanya, yang perlu kita lakukan adalah perbanyak referensi. Hal ini bisa dilakukan dengan membaca, diskusi dan menyimak.

Iklan

About afiksa

Student of Marmara University, Istanbul, Turkey

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: