Nalar Aktivis yang Bener

Siapapun kita, dimanapun kita, jadilah orang yang selalu siap dengan berbagai ide kreatif dari tempat kita berada, dan terlepas status siapa kita. Amanah itu tidak boleh diminta, dan tidak boleh ditolak, namun kekuasaan itu boleh diupayakan. Amanah dan kekuasaan itu beda. Perbedaannya apa….. insyaallah suatu saat akan kita bahas.

Orang yang berkuasa atas suatu hal, maka dia seakan bisa menentukan nasib dari perihal tersebut. Misalnya “penguasa” negara, dia ada kesempatan untuk merubah nasib ke arah yang lebih baik atau lebih buruk. Kalau masalah ke arah yang lebih baik atau lebih buruk itu tergantung orangnya, yaitu tergantung tujuan dan visi-misinya.

Begitu juga dalam sebuah organisasi. Ketika seseorang memiliki obsesi dan hasrat untuk merubah suatu organisasi atau lembaga menjadi lebih baik, dia harus memiliki daya dan upaya untuk merubah. Tidak harus “berkuasa” sih, namun itu akan lebih mudah ketika berkuasa dengan memegang kendali organisasi.

Ketika seseorang tidak memiliki keinginan untuk merubah menjadi lebih baik, maka saya sarankan untuk tidak memiliki obsesi berkuasa deh.

Kembali menyangkut dengan judul di atas, poin yang ingin saya tekankan adalah ketika kita menempati suatu tempat dalam lembaga atau organisasi, terlepas posisi anda di staf, ketua departemen, atau pun ketua umum, maka pastikan bahwa lembaga atau organisasi tersebut bisa menjadi lebih baik, lebih bermutu, dan tentunya lebih bermanfaat. Tanamkan naluri itu dalam-dalam di dalam diri anda.

Dan suatu saat, ketika anda sudah keluar dari lembaga atau organisasi tersebut ada kenangan sejarah.

Iklan

About afiksa

Student of Marmara University, Istanbul, Turkey

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: